Manfaat Ketumbar Untuk Kesehatan Yang Belum Banyak Diketahui

Inilah Manfaat Ketumbar - Mabbay | Dari beberapa sumber yang kami baca, ternyata kami baru tau, kalau ketumbar yang ada di dapur ibu-ibu memiliki khasiat untuk kesehatan. Mungkin sebagian orang tidak suka dengan rempah yang satu ini, tapi harus tau, ketumbar ini ada manfaat lho. Pastikan anda mendapatkan manfaatnya.

Ketumbar | indonesian.alibaba.com
Ketumbar Menurut Wikipedia

Ketumbar (Coriandrum sativum) adalah tumbuhan rempah-rempah yang populer. Buahnya yang kecil dikeringkan dan diperdagangkan, baik digerus maupun tidak. Bentuk yang tidak digerus mirip dengan lada, seperti biji kecil-kecil berdiameter 1-2 mm. Dalam perdagangan obat ia dinamakan fructus coriandri. Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai coriander dan di Amerika Latin dikenal sebagai cilantro. Tumbuhan ini berasal dari Eropa Selatan dan sekitar Laut Kaspia.

Berbagai jenis masakan tradisional Indonesia kerap menggunakan bumbu berupa biji berbentuk butiran beraroma keras yang dinamakan ketumbar. Dengan tambahan bumbu tersebut, aroma masakan akan lebih nyata.

Tak hanya bijinya saja yang sering digunakan dalam masakan. Daunnya yang majemuk seperti seledri itu sering diiris tipis dan dijadikan taburan dalam masakan seperti sup dan salad khas Thailand. Di negara itu, ketumbar diberi nama phak chee. Sama dengan bijinya, daun ketumbar juga beraroma tajam.

Biasanya, tumbuhan ini ditanam di kebun-kebun daerah dataran rendah dan pegunungan. Seperti halnya seledri, tumbuhan ini hanya mencapai ketinggian satu meter dari tanah.

Daunnya hijau dengan tepian bergerigi. Sedangkan, untuk bunga mejemuknya berbentuk payung bersusun berwarna putih dan merah muda. Untuk buah, bentuknya hampir bulat berwarna kuning bersusun, Kalau matang, buahnya mudah dirontokkan. Setelah itu, buahnya dikeringkan.

Di sana, biji yang dikeringkan. Di beberapa daerah, ketumbar sering diberikan nama yang berbeda-beda.

Dilansir dari boldsky.com, berikut adalah manfaat menyehatkan yang bisa Anda dapatkan dari daun ketumbar.

Mencegah batu ginjal

Daun ketumbar berfungsi sebagai diuretik alami yang berari bermanfaat untuk mengeluarkan urin lebih banyak. Daun ketumbar juga mampu mendetoks ginjal Anda sehingga mampu mencegah dari penyakit batu ginjal.

Menurunkan gula darah

Kolesterol merupakan lemak esensial yang mampu menyebabkan penyakit kronis seperti gagal jantung, stroke, dan diabetes. Daun ketumbar secara alami mampu menurunkan gula darah karena kandungan natrium dan kalium di dalamnya.

Menghilangkan racun dari tubuh

Logam berat seperti merkuri, aluminium, dan timah terakumulasi dalam tubuh manusia dalam jangka waktu yang lama. Lambat laun logam dan racun ini mampu menyebabkan penyakit seperti infertilitas, autisme, dan penyakit demensia.

Mengurangi kecemasan

Daun ketumbar mampu menenangkan saraf dan mengusir stres. Otot-otot Anda yang tegang menjadi lemas sehingga kecemasan Anda akan berkurang.

Menyembuhkan infeksi pada saluran kemih

Selain mampu membersihkan ginjal, daun ketumbar juga baik untuk membersihkan saluran kemih. Sehingga mampu mencegah penyakit yang berhubungan dengan saluran kemih.

Mencegah osteoporosis dan pembekuan darah

Tingginya vitamin K di dalam daun ketumbar selain baik untuk kesehatan tulang juga memainkan peranan penting untuk pencegah pembekuan darah.

Mencegah anemia

Dengan makan daun ketumbar, maka sel-sel darah merah Anda akan dimurnikan dan diproduksi dengan aktif. Sehingga Anda dapat terhindar dari anemia.

Menyembuhkan masalah pencernaan

Daun ketumbar merupakan tanaman herbal yang membantu untuk memproduksi enzim pencernaan lebih banyak. Sehingga masalah yang berkaitan dengan pencernaan atau perut kembung dapat disembuhkan.

Mengurangi nyeri saat menstruasi

Daun ketumbar kaya akan berbagai asam yang membantu dalam sekresi hormon dan mengatur siklus menstruasi. Daun ketumbar juga mampu mengurangi nyeri saat menstruasi.

Bekerja sebagai deodoran alami

Karena daun ketumbar mampu mengeluarkan racun dari dalam tubuh, maka bakteri penyebab bau badan pun dapat hilang.

Mencegah gangguan mata

Daun ketumbar juga tinggi akan zat antioksidan di dalamnya. Hal ini berarti bahwa daun ketumbar mampu menyehatkan mata Anda.

Mencegah Alzheimer

Kandungan vitamin K di dalam daun ketumbar sangat bermanfaat untuk mengurangi kerusakan saraf yang menjadi penyebab dari penyakit Alzheimer.

Sifat anti-inflamasi di dalam daun ketumbar membantu pasien arthritis untuk mengurangi pembengkakan sendi. Selain itu daun ketumbar juga mampu menyembuhkan rheumatoid.

ketumbar bisa Anda konsumsi dengan cara meminum air rebusannya. Atau Anda bisa mengeringkannya dan kemudian dijadikan bubuk untuk ditaburkan di atas makanan Anda. Selamat mencoba! [www.tribunislam.com] Sumber : merdeka.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel